Minggu, 03 April 2011

BANYAK DAERAH TAK MASUKKAN HASIL TES CPNS KE BKN
 
Permintaan pemerintah (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) agar panitia seleksi CPNS memasukkan salinan hasil ujian ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), rupanya tidak diindahkan oleh semua daerah. Sebab nyatanya, masih ada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang tidak memasukkan salinannya.
"Kami baru tahu kalau BKD tidak memasukkan, setelah ada laporan kecurangan CPNS di 40 daerah. Di mana dari 40 daerah tersebut, ada tiga kabupaten yang tidak memasukkan salinan hasil ujiannya ke BKN," tutur Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN & RB, Ramli Naibaho, di kantornya, baru-baru ini.
Sebelumnya, Ramli mengatakan bahwa salinan hasil tes CPNS itu (diperlukan) untuk mempermudah BKN dalam menilai apakah kelulusan yang diumumkan BKD murni atau tidak. Sebab katanya, pemda bisa saja mengubah-ubah rangking CPNS, tapi BKN berhak membatalkannya bila ternyata ada masalah.
"Inilah kelemahan sistem kita. Apalagi dengan era otda. Daerah seolah berpikir itu urusannya, bukan pusat. Nanti kalau ada masalah, baru pusat dilibatkan," tukasnya pula.
Meski baru tiga kabupaten yang ketahuan belum memasukkan salinan hasil tes CPNS, Ramli memprediksikan jumlahnya akan bertambah. Mengingat katanya, ini masih bulan Februari. Apalagi, belum semua daerah yang telah melakukan pemberkasan CPNS di BKN.
"Jumlahnya akan bertambah, karena masalah itu muncul ketika mulai pemberkasan," ucap Ramli, sembari menambahkan akan melakukan koordinasi dengan BKN untuk mendata,berapa daerah yang (telah) memasukkan hasil ujian CPNS itu. (www.jpnn.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.